Kumpulan soal….
SEJARAH
1. Bangunan megalith yang dibangun pada masa bercocok
tanam hingga masa perundagian sebagai
penghormatan terhadap roh sekaligus lambing bagi orang
yang telah mati disebut . . . .
a. menhir
b. dolmen
c. sarkofagus
d. punden berundak
2. Pemenuhan kebutuhan hidup manusia purba pada masa
berburu dilakukan dengan cara . . . .
a. berburu dan menanam umbi-umbian
b. berburu dan bercocok tanam padi-padian
c. mencari ikan di laut dan makanan di pantai
d. mencari dan
mengumpulkan makanan di
hutan
3. Apa yang kamu ketahui tentang
kyokkenmodinger ? Jelaskan!
Bukit kerang
yang memfosil inilah yang disebut kyokkenmodinger atau kulit kerang yang menumpuk
menggunung
sebagai ’sampah
dapur’.
4. Mengapa manusia purba
menerapkan pola hidup food gathering and
producing? Jelaskan!
SEJARAH2
1. Berikut ini yang tidak termasuk ciri kehidupan
manusia purba masa berburu dan mengumpulkan makanan
adalah .... a hidup sudah menetap b food gathering c hidupnya berpindah-pindah d hidupnya bergantung
pada alam
Trimurti merupakan tiga dewa utama kepercayaan
pemeluk Hindu, terdiri atas Dewa Brahma, Wisnu, dan Syiwa
2. Apa saja bentuk peninggalan
kebudayaan Hindu yang masih dapat kita temui saat ini?
3. Mengapa kita harus memelihara
peninggalan-peninggalan sejarah?
4. Sebutkan
peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia!
5. Dewa dalam ajaran Hindu yang bertugas memelihara alam
semesta adalah …
a. Wisnu c. Syiwa b. Brahma
SEJARAH3
1. Corak kehidupan
food gathering and producing, artinya . . . .
a. makan dan
tidur b. makan dan mengembara c.
berburu dan meramu d. berburu dan
tidur di gua
2. Secara garis besar, perubahan muka Bumi yang juga
menyebabkan kehidupan di Bumi berubah sejak zaman manusia purba hingga saat ini
antara lain dipengaruhi oleh tenaga dari dalam Bumi. Bagaimanakah
bentuk pengaruh tenaga dari dalam Bumi terhadap kehidupan?
1. Pada masa berburu dan meramu tingkat awal pekerjaan
yang cocok bagi perempuan adalah . . . .
a. berburu
hewan b. meramu makanan (?) c. memasang perangkat(?) d. berburu dan meramu
2. Perhatikan beberapa tempat di bawah ini!
1) Sumber air
4) Hutan kecil
2) Hutan
belantara 5)
Padang pasir
3) Padang
rumput dengan semak belukar 6) Rawa-rawa
dengan hutan bakau
Manakah
kawasan yang cocok sebagai tempat berburu dan meramu?
a. 1), 2),
dan 3) c. 2), 3), dan 5) b. 1), 3), dan 5) d.
2), 4), dan 6)
3. Di daerah Prambanan ditemukan peninggalan dari agama
Hindu dan Buddha. Apakah yang dapat kamu
simpulkan
dari fakta tersebut?
a. Prambanan merupakan pusat agama
Hindu-Buddha.(?)
b. Pramban an
berkembang menjadi objek wisata religius.
c. Prambanan
terpengaruh persebaran agama Hindu-Buddha.
d. Prambanan merupakan bekas kerajaan Hindu
dan Buddha.(V)(?)
4. Suatu masyarakat muslim dapat terbentuk dengan mudah
melalui saluran islamisasi berupa perkawinan,
alasannya
adalah . . . .
a.
perkawinan antar pedagang muslim dapat mempererat
persaudaraan
b.
perkawinan antara pedagang muslim dan penduduk pribumi sangat mudah dilakukan
c.
perkawinan akan menghasilkan sebuah keluarga muslim
d. pedagang muslim banyak yang menikah
dengan salah seorang keluarga bangsawan
5. Hoessein Djajadiningrat mengemukakan pendapat bahwa
agama Islam yang masuk ke Indonesia dibawa
oleh orang
Persia. Hal ini didasarkan pada adanya bukti . . . .
a. kesamaan
nisan di Sumatra Utara dan Gresik b.
tradisi perdagangan yang telah berlangsung
lama
c. adanya
aliran Syi’ah di Indonesia d. ajaran Islam yang berintikan mazhab
Syafi’I (?)
6. Bukti bahwa Islam telah sampai di Indonesia pada abad VII Masehi didasarkan atas . . . .
a.
ditemukannya nisan dari Desa Leran, Gresik
b. berita dari Dinasti Tang
c. kenyataannya bahwa di Perlak semua
penduduknya beragama Islam
d. batu nisan
di Trologo pada zaman Majapahit
7. Penduduk di daerah pesisir Nusantara lebih dahulu
memeluk agama Islam daripada daerah
pedalaman
karena . . . .
a. para
penguasa di pesisir telah beragama Islam
b. penduduk pedalaman tidak tertarik ajaran Islam
c. agama Islam disebarkan lewat kegiatan
perdagangan
d. para mubalig
Islam enggan menyebarkan agama ke pedalaman
8. Bagaimana proses islamisasi
yang terjadi di Indonesia? Jelaskan pendapatmu!
9. Ada 4 Teori masuknya
Hindu-Buddha ke Indonesia :
Teori Brahmana
, Teori Kesatria, Teori Waisya, Teori Arus Balik
10. Cara dan saluran islamisasi
(5) :
a. Aktivitas
perdagangan
b. Perkawinan
silang
c. Pendidikan
d. Dakwah
e. Akulturasi
kebudayaan
11. Kehidupan manusia prasejarah yang bercorak berburu dan meramu biasa disebut dengan . . .
.
a. nomaden b. sedenter c. food gathering and hunting d.
food gathering and producing
12. Berikut ini merupakan saluran yang lazim digunakan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, kecuali
a.
perdagangan b. perkawinan c. pendidikan
d. peperangan
SEJARAH 4
1. Organisasi
pergerakan pertama yang berdiri sebagai organisasi bersifat politik adalah…
a. Budi Utomo b. Indische Partij c. Sarekat Islam d. Gerindo
2. Kelompok Studi
Indonesia yang berdiri di Surabaya berubah namanya menjadi ….
a. Partai Nasional
Indonesia b. Persatuan Bangsa Indonesia c. Parindra d. Gerindo
3. Di negeri
Belanda didirikan organisasi perjuangan oleh para pelajar Indonesia. Organisasi
tersebut adalah...
a. Perhimpunan
Bumi Putra
b. Perhimpunan Indonesia
c. Perhimpunan
Pemuda Indonesia
d. Perhimpunan
pelajar Indonesia
4. Setelah PNI
dibubarkan tahun 1930, Hatta dan Syahrir pendidikan partai politik yang
dianggap penjelmaan dari PNI. Partai yang dimaksud bernama ..
a. Parindra b. Gapi c.
PNI Pendidikan d. Gerindo
5. Garis
perjuangan partai politik ada yang radikal dan ada yang moderat. Yang dapat
dimasukkan dalam partai moderat adalah …
a. Partai Nasional
Indonesia b. Sarekat Islam c. Indische Partij d.
Budi Utomo
6. Douwes Dekker
adalah seorang keturunan Belanda, tetapi
dalam perjuangannya ternyata menjadi pelopor perdirian partai politik pada
tahun 1912. Partai yang didirikan bersama Cipto Mangunkusumo dan Suwardi
Suryaningrat adalah …
a. Indische Vereniging b.
Indische Partij c. Europische
Verbond d. Inlander
7. Mengapa pemerintah Belanda melaksanakan
politik etis pada bangsa Indonesia ?
8. Jelaskan ciri-ciri pergerakan nasional !
9. Dan jelaskan mengapa Budi Utomo yang
dijadikan tonggak lahirnya kesadaran nasional?
10. Jelaskan faktor-faktor penyebab munculnya
pergerakan nasional di Indonesia !
11. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Komite
Bumi Putra, dan mengapa organisasi ini menjadi penting dalam kaitannya dengan
tumbuhnya kesadaran nasional ?
12. Pada tanggal
16 Agustus Sukarno dan Muh. Hatta dijemput tokoh pemuda untuk dikembalikan ke
Jakarta. Tokoh tersebut adalah…
a. Achmad Subardjo
b. Wikana
c. Darwis
a. Adam Malik
13.Dalam sidang BPUPKI yang ke dua dibahas mengenai
rancangan UUD yang menghasilkan 3 hal
penting yaitu ...
a. Penentuan
Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
b. Penetapan
Haluan Negara
c. Batang Tubuh UUD
d. Lambang Negara
14. Dalam sidang
BPUPKI tanggal 31 Mei 1945 pembahasan diarahkan pada penyusunan ….
a. preambule hukum
dasar
b. pemerintahan
Indonesia Merdeka
c. rancangan dasar
negara Indonesia Merdeka
d. tujuan negara
Indonesia Merdeka
15. Menghadapi
situasi kritis di tahun 1945 karena gempuran sekutu, maka pemerintah Jepang di
Indonesia mengambil langkah simpatik terhadap bangsa Indonesia dengan
mendirikan ….
a. Dokuritsu Zunbi Inkai b.
Dokuritsu Zunbi Cosakai c. Jawa
Hokokai d. Dokuritsu Fujinkai
16. Apakah perbedaan antara BPUPKI dengan PPKI ?
Yang mengumumkan
pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan
Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atat Dokuritsu Junbi Cosakai, pada tanggal 1 Maret
1945 adalah
Keadaan Jepang
semakin kritis. Pada 6 Agustus 1945, kota Hirosima dibom
atom oleh Amerika Serikat. Menghadap situasi ini,
Jenderal Terauchi menyetujui
pembentukan Dokuritsu Junbi Inkai atau Panitia Persiaipan
Kemerdekaan Indonesia
(PPKI). Persetujuan ini terjadi pada pada tanggal 7
Agustus 1945. Tugas PPKI adalah
melanjutkan tugas BPUPKI dan untuk mempersiapkan
Kemerdekaan Indonesia.
Ketua PPKI adalah Ir. Soekarno, sedangkan wakilnya Drs.
Moh. Hatta.
Untuk kepentingan
peresmian dan pelantikan PPKI, Jendral Terauchi, pimpinan
Angkatan Perang Jepang yang berkedudukan di Saigon, pada tanggal 9 Agustus 1945
memanggil Soekarno, Moh. Hatta, dan Rajiman
Widyodiningrat untuk pergi ke Dalat,
Saigon. Di Dalat, Jendral Terauchi menegaskan bahwa
Pemerintah Kemaharajaan
Jepang memutuskan untuk menyerahkan kemerdekaan kepada
bangsa Indonesia.
17. Yang menjadi
ketua BPUPKI adalah
a. Dr. Rajiman Widyodiningrat b. Ir Sukarno c. Moh Hatta d. RP. Suroso
18. BPUPKI beranggotakan
a. 60 orang b. 40 0rang c. 30 orang
d. 20 orang
19. BPUPKI
diresmikan pada tanggal
a. tanggal 28 Mei
1945
b. tanggal 27 mei
1945
c. tanggal 26 mei
1945
d. tanggal 25 mei
1945
20. Sebagai
realisasi pelaksanaan tugas, BPUPKI kemudian mengadakan sidang-sidang. Secara
garis besar sidang-sidang BPUPKI itu terbagi menjadi dua kali sidang. Sidang
BPUPKI I diadakan pada tanggal . . . .
a. 29 Mei - I Juni
1945
b. 28 Mei – 1 Juni
1945
c. 30 Mei – 1 Juni
1945
d. 27 Mei – 1 Juni
1945.
21. Sidang pertama
BPUPKI membahas tentang . . . .
a. dasar bagi
negara Indonesia merdeka
b. pembukaan UUD
1945
c. Batang tubuh
UUD 1945
d. Proklamasi
kemerdekaan Indonesia
22. Yang
mengajukan usul nama, lima asas disebut dengan Pancasila pada tanggal 1 Juni
1945 adalah . . . .
a. Ir. Soekarno b. Moh Yamin c. Mr Supomo d. Moh Hatta.
23. jelaskan maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI
24. Jelaskan hasil sidang II BPUPKI
SEJARAH 5
1. Perhatikan data berikut!
1) Belanda 4)
Yunani
2) Swis 5) Norwegia
3) Portugal 6)
Monaco
Dari data di atas yang merupakan kelopok negara maju dan
termasuk dalam Uni Eropa adalah … .
a. 1, 3, dan 4 b. 1, 3, dan 5 c. 2, 5, dan 6 d. 3, 4, dan 6
2. Contoh negara
maju adalah … .
a. Maroko b. Brasil c.
Yunani d. Mesir
3. Negara berkembang berikut yang berada di Benua Amerika
adalah … .
a. Nigeria b.
Gana c. Yaman d.
Bolivia
4. Pelabuhan laut terbesar di Perancis adalah ... .
a. Hamburg b. Kiel c. Marseille d. Liverpool
5. Negara Perancis
termasuk dalam kawasan ... .
a. Eropa Selatan b. Eropa Utara c.
Eropa Barat d. Eropa
Timur
6. Sebutkan lima negara Eropa
yang termasuk dalam negara maju!
7. Sebutkan lima negara
berkembang di Asia Barat Daya! Sebutkan alasan yang menyebabkan negara-negara
tersebut dogolongkan sebagai negara berkembang!
8. Tuliskan lima negara
berkembang di wilayah persebaran Asia Tengah!
9. Tuliskan pula lima negara
berkembang di wilayah persebaran Amerika Tengah!
10. Tunjukkan pada peta, dua
negara maju di wilayah persebaran Asia Timur!
11. Tunjukan pada peta, dua negara maju di
wilayah persebaran Belahan Bumi bagian Selatan!
12. Untuk menarik dukungan penduduk setempat ketika
posisi pasukan tentara Jepang di Pasifik mulai terdesak, maka Jepang
merencanakan memberi kemerdekaan kepada Birma dan Filipina. Keputusan PM. Tojo
ini mendapat protes dari para pemimpin nasionalis di
Indonesia. Menanggapi protes tersebut, Jepang kemudian membentuk
a. BPUPKI b. PPKI c. Chuo Sangi In d. Saiko Shikikan
GEOGRAFI
1. Proses sedimentasi di muara sungai menghasilkan
bentang alam . . . .
a. jembatan alam
b. delta
c. dome/kubah
d. gumuk pasir
2. Sedimentasi merupakan proses
yang terjadi karena tenaga eksogen. Sebutkan proses-proses
alami lain yang terjadi karena
tenaga eksogen dan bentang alam yang dihasilkannya!
3. Bagaimanakah proses terjadinya
erosi oleh tenaga air?
4. Untuk deteksi kenampakan dataran, pegunungan, dan
perbukitan pada peta digunakan . . . .
a. simbol area
b. garis kontur
c. inset
d. skala
GEOGRAFI2
1. Pola permukiman yang terbentuk di kawasan karst yaitu
. . . .
a. memanjang mengikuti sungai b. memanjang mengikuti jalan
c. mengelompok
pada lembah d. memanjang
mengikuti pola aliran
2. Jelaskan bentuk keterkaitan
antara bentang alam dengan mata pencaharian penduduk dan
berikan contohnya!
3. Tekanan ke atas dari magma, gerak lempeng, dan energi
yang terkumpul dapat menekan lapisan kulit bumi
sehingga
terjadi pergeseran kulit bumi disebut gejala ….
a. tektonisme c. vulkanisme b. seisme d. eksogen
4. Gempa yang ditimbulkan akibat tumbukan lempeng-lempeng
di litosfer kulit bumi oleh tanaga tektonik
disebut …. a.
gempa tektonik b. gempa vulkanik c. gempa bumi dalam d. gempa runtuhan
seismograf : alat pencatat
gempa yang menunjukkan kekuatan, lama,
arah, dan
jarak gempa
seismogram : grafik
getaran gempa bumi yang direkam oleh seismograf
seismometer : alat untuk mengetahui kekuatan gempa bumi
skala : ukuran
atau perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya
episentrum : titik pada
permukaan bumi yang terletak tegak lurus di atas pusat gempa
yang ada di dalam bumi
5. Berikut ini yang termasuk ciri kehidupan manusia purba
masa berburu dan mengumpulkan makanan
adalah .... a. hidup sudah menetap b.
food gathering c. hidupnya
berpindah-pindah d. hidupnya
bergantung pada alam
6. Mengapa peristiwa erosi sering
disertai longsor?
7. Bagaimana cara manusia purba
memperoleh makanannya?
8. Penggambaran objek di permukaan bumi pada peta
ditampilkan dengan . . .
a. segitiga b. simbol c. warna
d. legenda
9. Danau yang terbentuk akibat peristiwa tektonik dan
vulkanik disebut danau ….
a. glasial c.
vulkanik b. tektonik d.
tektovulkanik (contoh danau Toba)
10. Gempa yang ditimbulkan akibat aktivitas gunung api
disebut ….
a. gempa
tektonik b. gempa vulkanik c. gempa
bumi dalam d. gempa runtuhan
11. Pemukiman yang terbentuk di daerah pantai, karena
penduduknya bermata pencaharian nelayan adalah :
a. memusat c.
linier b. menyebar d.
bersatu
GEOGRAFI 3
1. Pada suatu peta penggunaan lahan untuk menggambarkan
suatu penggunaan lahan sawah dengan tingkat
produksi yang
berbeda-beda dapat digunakan simbol . . . .
a. bidang b. titik dan simbol garis c.
area dan gradasi warna d. bidang
dan simbol garis
2. Deskripsikan kehidupan
penduduk di wilayah pesisir!
3. Jelaskan bentuk keterkaitan
antara bentang alam dengan mata pencaharian penduduk dan berikan
contohnya!
4. Pola permukiman daerah pegunungan kapur berpencar pada
lembah-lembah. Pola ini terbentuk karena . . . .
a. sumber daya air cukup melimpah pada daerah
lembah b. tanah pada lembah pada
umumnya subur
c. daerah
lembah bebas dari bencana alam d. daerah lembah
cepat berkembang
5. Faktor non fisik yang sangat mempengaruhi munculnya
kampung nelayan di pinggir pantai adalah . . . .
a. daerah
pantai aman digunakan untuk permukiman
b. jarak yang dekat dengan sumber mata pencaharian
c. lebih
menyenangkan tinggal bersama rekan yang mempunyai mata pencaharian sama
d. daerah
pantai dapat menjadi tempat wisata
6. Mengapa daerah pegunungan
kapur mempunyai pola permukiman berpencar? Jelaskan dengan gambar!
7. Bagaimana keterkaitan antara
bentang alam dengan mata pencaharian penduduk? Jelaskan dan berilah
contoh!
8. Sebutkan dan jelaskan
faktor-faktor fisik yang mempengaruhi pola permukiman!
GEOGRAFI 4
1. Berikut ini adalah berbagai kegiatan sosial ekonomi
yang dilakukan
masyarakat yang tinggal di daerah pantai, kecuali ... .
a. pembuatan tambak-tambak garam
b. pertanian pasang surut
c. pengembangan sektor pariwisata
d. pertanian
ladang
2. Transmigrasi dilakukan untuk tujuan-tujuan berikut,
kecuali ... .
a. menyeragamkan
akar budaya daerah tertentu
b. meningkatkan kesejahteraan penduduk
c. meratakan jumlah penduduk
d. memperkukuh ketahanan nasional
3. Berikut ini yang bukan
termasuk dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan
dari jumlah penduduk yang besar adalah ... .
a. meningkatnya angka kriminalitas
b. meningkatnya kebutuhan akan berbagai fasilitas sosial
c. semakin sempitnya lapangan kerja
d. meningkatnya
pendapatan negara dari sektor pajak
4. Upaya-upaya pemerintah berikut ini yang paling tepat
untuk mengatasi
masalah persebaran penduduk yang tidak merata di
Indonesia adalah ... .
a. mencanangkan program KB
b. meningkatkan pelayanan kesehatan
c. melaksanakan
program transmigrasi
d. menggalakkan program wajar 9 tahun
GEOGRAFI 5
1. 1. Plaju dan Bukitasam 3. Dumai dan Pangkalanbrandan 2. Dumai dan Sawahlunto 4. Tarakan
dan Wonokromo
Kota-kota di atas yang merupakan pusat pertambangan
minyak dan gas ditunjukkan dengan nomor ... .
a. 1 b. 2 c.
3 d. 4
2. Berikut adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh
pemerintah dalam upaya mengatasi masalah jumlah penduduk, kecuali ... .
a. mencanangkan program KB
b. menetapkan batas usia nikah yang diatur dalam
undang-undang
c. membatasi tunjangan anak bagi PNS/ABRI
d. membangun
berbagai sarana kesehatan
3. Pelaksanaan transmigrasi yang diharapkan pemerintah
karena menggunakan biaya sendiri oleh para transmigran adalah ... .
a. transmigrasi
umum c. transmigrasi
spontan
b. transmigrasi sektoral d. transmigrasi bedol desa
4. Sebutkan upaya-upaya yang
dilakukan pemerintah dalam mengatasi dampak ledakan penduduk di bidang
kependudukan dan ketenagakerjaan!
5. Mengapa kepadatan penduduk
Indonesia dikatakan tidak seimbang? Jelaskan menurut pendapat kalian!
6. Jelaskan peran pranata
keluarga dalam upaya pengendalian sosial!
7. Sebutkan dampak positif dan
dampak negatif transmigrasi!
8. Keragaman bentuk
muka bumi, didaratan ternyata mempunyai
hubungan yang erat dengan aktivitas manusianya, hal ini terbukti dengan:
a. Wilayah dataran
tinggi, kegiatan ekonomi penduduk berupa pertanian sawah
b. Wilayah
pegunungan, kegiatan ekonomi penduduk berupa perkebunan tebu
c. Wilayah dataran
rendah, kegiatan ekonomi penduduk berupa
perikanan laut
d. Wilayah pantai kegiatan ekonomi penduduk,
tidak selalu berupa perikanan laut
9. Pada objek yang digambar pada peta umum, warna hijau
berarti ….
a. laut dalam b.
laut dangkal c. dataran rendah d.
gunung tinggi
10. Pernyataan yang paling benar di bawah ini adalah ….
a. Merah memanjang menggambarkan jalan raya
b. Hitam putih
memanjang menggambarkan jalan kereta api
c. Merah dengan bentuk persegi panjang menggambarkan kota
propinsi
d. Hitam dengan bentuk lingkaran menggambarkan kota
11. Tingkat kebiruan pada peta umum menunjukkan ….
a. ketinggian
daratan b. kerapatan hutan c.
kedalaman perairan d. kerapatan penduduk
12. Tingkat
kecoklatan pada peta umum menunjukkan ….
a. ketinggian daratan b.
kerapatan hutan c. kedalaman
perairan d. kerapatan penduduk
13. Gambar jangkar dalam peta umum menunjukkan simbol
....
a. bandar udara b. pelabuhan c. Stasiun
d. Terminal
14. Sebutkan perbedaan kegiatan
ekonomi antara penduduk di dataran rendah denganpegunungan!
15. Bentuk muka bumi sangat
berpengaruh kepada kehidupan di atasnya? Benarkah demikian? Berikanlah alasan
yang tepat!.
SOSIOLOGI
1. Terjadinya interaksi sosial dalam masyarakat diperlukan
adanya . . . .
a. status dan peran sosial
b. komunikasi dan
kontak sosial
c. nilai dan norma sosial
d. dinamika dan statika social
2. Jelaskan proses terjadinya
interaksi sosial!
SOSIOLOGI 2
1. Interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak yang
paling baik diadakan . . . .
a. setiap pagi saat sarapan
b. pada siang hari sepulang anak sekolah
c. waktu sore hari sehabis makan dan menjelang belajar
d. setiap saat
jika kedua belah pihak bias bertemu
2.Penampilan dua orang penyanyi di hadapan peserta
pelatihan pada gambar di atas bias disebut sebagai contoh interaksi sosial
antara . . . .
a. individu dengan individu
b. individu dengan kelompok
c. kelompok dengan
kelompok
d. kelompok dengan pribadi
3.Kegiatan yang dilakukan oleh kedua orang di atas dikategorikan
sebagai interaksi sosial karena . . . .
a. terjadi aksi
timbal balik di antara kedua pemain silat tersebut
b. seni pencak silat perlu dipelajari sebagai benteng
diri
c. mereka bisa menjadi atlet pencak silat tingkat
nasional
d. keduanya memanfaatkan waktu muda dengan baik
4.Aktivitas pada gambar di atas
bisa dikatakan
sebagai contoh interaksi sosial
yaitu antara . . . .
5.Aktivitas para pelajar yang menjadi patrol keamanan
sekolah (PKS) di atas tidak bias dikatakan sebagai contoh interaksi sosial
karena . . . .
a. mereka belum cukup usia untuk menjadi polisi
b. di antara
mereka tidak terjalin komunikasi
c. aktivitas mereka mengganggu belajar
d. mereka bukan bagian dari masyarakat
6.Gambar di atas bisa dikatakan contoh interaksi sosial
karena . . . .
a. polisi adalah aparat keamanan yang harus dipatuhi
b. terjadi pelanggaran lalu lintas akibat kesalahan
pengemudi truk
c. terjadi
hubungan timbal balik antara polisi dan pengendara motor
d. polisi adalah makhluk sosial yang men-duduki posisi
penting dalam masyarakat
7.Disorganisasi yang menimpa sebuah keluarga bisa
berdampak . . . .
a. anak memperoleh kecerdasan sosial
b. terjadinya
penyimpangan sosial
c. ketenangan akan muncul dalam keluarga
d. anak-anak akan memperoleh kebahagiaan batin
8. Apabila dalam keluarga terjadi masalah, cara terbaik
yang harus ditempuh dengan . . . .
a. menyerahkan urusan kepada bapak selaku kepala rumah
tangga
b. ikut pendapat ibu sebagai pengelola rumah tangga
c. didiskusikan
bersama di antara anggota keluarga
d. buru-buru mengundang tetangga terdekat
9. Komunikasi yang dijalankan orang tua kepada anak akan
efektif apabila . . . .
a. orang tua
menyampaikan pesan secara searah
b. anak dibiarkan pasif mendengarkan nasihat
c. orang tua memerhatikan kematangan anak
d. anak tidak diperkenankan menyela pembicaraan
10. Jelaskan peranan orang tua
dalam pembentukan karakter dan kepribadian bagi anak!
11. Bentuk-bentuk perilaku penyimpangan seperti
perjudian, prostitusi,pencurian,
mabuk-mabukan dan sebagainya, dilihat dari sudut penerimaanmasyarakat,
dikelompokkan dalam pranata sosial yang disebut ... .
a. approved institutions c. basic institutions
b. unsanctioned institutions d. subsidiary institutions
SOSIOLOGI 3
1. Berikut ini yang
bukan merupakan penyebab penyimpangan sosial adalah ...
a. brocken home. c.
pelampiasan kekecewaan.
b. persalahann
ekonomi. d.
kesanggupan menerima norma-norma sosial.
2. Upaya
pencegahan penyimpangan sosial perlu melibatkan peran ...
a. keluarga,
masyarakat, dan pengusaha. c. keluarga, sekolah, dan pejabat pemerintah.
b. keluarga, masyarakat, dan sekolah. d. sekolah, masyarakat, dan pejabat pemerintah.
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penyakit
sosial ?
4. Sebutkan ciri-ciri bentuk penyimpangan
positif !
5. Jelaskan peran keluarga dalam mencegah
penyimpangan sosial oleh anggota
keluarganya!
6. Berilah 4 contoh penyimpangan sosial
7. Jelaskan peranan pemerintah dalam mencegah
penyimpangan sosial ?
8. Interaksi
sosial adalah suatu proses dimana terjadi kontak sosial saling mempengaruhi.
Yang paling penting dalam interaksi sosial itu adalah…
a. Saling tergantung
b. Saling mengalah c.
Bersifat timbal balik d. Berkaitan dengan untung / rugi
9. Perubahan sosial terjadi karena disebabkan oleh
beberapa faktor. Yang bukan merupakan penyebab terjadinya perubahan itu
adalah…
a. Kontak dengan kebudayaan lain c. Sikap menghargai hasil karya orang
lain
b. Sistem pendidikan yang maju d. Kemampuan
ekonomi masyarakat
10. Yang bukan merupakan faktor penghambat terjadinya
perubahan sosial adalah …
a. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
b. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lamban
c. Sikap masyarakat yang masih sangat tradisional
d. Pekerjaan
masyarakat
11. Ungkapkan apa yang kamu
ketahui tentang perubahan soial budaya
12. Ceritakan sebuah gejala
perubahan sosial budaya yang terjadi di sekitarmu. Apa kira-kira faktor
penyebabnya? Apa saja faktor penunjangnya ?
13. Toleransi terhadap tindakan
atau perbuatan yang “tidak umum” dan dinilai menyimpang oleh masyarakat,
merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial. Setujukah
kamu terhadap ungkapan tersebut ? Berikan alasan-alasannya.
14. Prasangka negatif terhadap
hal-hal baru atau asing atau sikap tertutup (eksklusif) disebut-sebut dapat
menjadi faktor penghambat terjadinya perubahan sosial. Berikan contoh-contoh
nyata dalam masyarakat yang menunjukkan
prasangka negatif terhadap hal-hal yang baru.
EKONOMI
1. Prinsip ekonomi produsen dilakukan dengan . . . .
a. menguasai pasar
b. menggaji
karyawan serendah mungkin
c. mengurangi bahan baku
d. meningkatkan produktivitas
2. Agar
Boby dapat memenuhi kebutuhannya berdasarkan prinsip ekonomi, ketika membeli,
ia harus
mengetahui dua hal penting yaitu . . . .
a. harga
dan produsen barang
b. jumlah
dan harga barang
c. prioritas kebutuhan dan dana yang
dimiliki
d. citra
produk dan harganya
3. Manakah tindakan Ibu Darti berikut ini yang sesuai
dengan prinsip ekonomi?
a. Mengantre beras.
b. Bekerja serabutan.
c. Meminta-minta bantuan tetangga.
d. Menanam
singkong dan kangkung untuk sayur.
4. Contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan siswa
adalah . . . .
a. mencatat di sobekan kertas
b. memperbanyak koleksi pensil
c. meminjam buku pelajaran teman
d. menabung untuk
membeli buku pelajaran
5. Manusia melakukan berbagai kegiatan ekonomi dengan
alasan-alasan berbeda. Alasan yang
mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi disebut . .
. .
a. motif sosial
b. prinsip makhluk rasional
c. motif ekonomi
d. prinsip ekonomi
6. Motif tindakan ekonomi yang dilakukan adalah motif . . . .
a. sosial
b. mencari kekuasaan
c. mencari
keuntungan
d. memperoleh penghargaan
7. Suatu tindakan dikatakan berdasarkan motif sosial
apabila bertujuan untuk . . . .
a. membantu sesama
b. mencapai keuntungan
c. menekan biaya serendah-rendahnya
d. memperoleh teknik usaha yang efisien
8. Jelaskan tentang motif ekonomi
distributor!
EKONOMI 2
1. Apa pula arti manusia sebagai
makhluk ekonomi yang bermoral?
2. Pernyataan yang benar adalah ....
a. prinsip
ekonomi dapat diterapkan pada kegiatan non ekonomi
b. prinsip
ekonomi tidak dapat diterapkan oleh orang miskin
c. prinsip ekonomi hanya bisa diterapkan
dalam bidang ekonomi
d. prinsip
ekonomi hanya bisa dipraktikkan oleh pengusaha besar
distribusi : kegiatan
manusia yang bertujuan untuk menyalurkan barang atau jasa hasil
produksi dari produsen ke berbagai tempat agar dapat
dikonsumsi oleh konsumen
EKONOMI 3
1. Contoh bentuk keseimbangan antara peran makhluk
ekonomi dan makhluk sosial yang
bermoral
adalah . . .
a.
Pak Karto merelakan sebagian tanahnya dijadikan jalan tanpa ganti rugi.
b. Pak Nurdin
memberi banyak sumbangan meskipun utangnya sangat besar.
c. Pak Hasan
mendahulukan kepentingan masyarakat sekitar pabrik daripada
karyawannya.
2. Seorang pengusaha bertindak atas prinsip ekonomi dan
harus tetap berperan sebagai . . . .
a. makhluk
egois b. makhluk social c. pemuka
masyarakat d. pengambil keputusan
ekonomi
3. Manakah di antara pernyataan berikut yang benar?
a. Orang kaya
tidak perlu menerapkan prinsip ekonomi.
b. Prinsip ekonomi hanya bisa
diterapkan di bidang ekonomi.
c. Motif
ekonomi tidak memengaruhi tindakan ekonomi.
d.
Motif utama tindakan konsumsi adalah memperoleh kepuasan.
4. Prinsip ekonomi muncul karena . . . .
a. orang malas
berusaha b. kemampuan terbatas, kebutuhan tidak terbatas
c. orang ingin
cepat kaya d. didorong oleh motif
ekonomi
5. Bu Nela adalah seorang pengusaha kosmetik. Produk
kecantikannya diperoleh dari tanaman
asli Indonesia.
Oleh karena itu, Bu Nela membuka perusahaan baru yang bergerak di bidang
perkebunan
yang menanam bahan baku produk kosmetiknya. Motif Bu Nela termasuk motif . . .
.
a. sosial b. mencari penghargaan c. memperluas kekuasaan d.
mencari laba
6. Berikut ini daftar kebutuhan Dewi:
1) Buku tulis
Rp10.000,00
2) Agenda
Rp 3.000,00
3) Cokelat
Rp 2.500,00
4) Tugas kerajinan Rp
5.000,00
Jumlah uang yang dimiliki Dewi Rp15.000,00. Rencana
pembelian yang baik adalah . . . .
a. tugas kerajinan, buku tulis, agenda, dan
cokelat
b. buku tulis,
agenda, cokelat, dan tugas kerajinan
c. buku tulis,
agenda, tugas kerajinan, dan cokelat
d. agenda,
cokelat, tugas kerajinan, dan buku tulis
7. Jelaskan prinsip ekonomi
produsen! Apa kaitannya dengan efisiensi?
8. Prinsip ekonomi produsen dan
konsumen sering bertolak belakang. Jelaskan!
9. Apakah manfaat penyusunan
skala prioritas kebutuhan?
10. Bagaimana dampaknya jika
konsumen tidak menerapkan prinsip ekonomi?
11. Kegiatan pembagian sembako yang dilakukan Yayasan
Amal Sahabat memiliki motif . . . .
a. mencari
keuntungan b. social c. mencari
kekuasaan ekonomi d. agar statusnya naik
di mata masyarakat
12. Jika lokasi produksi tidak strategis maka produsen akan
memboroskan biaya . . . .
a. iklan c.
angkut b. sewa d. bahan baku
13. Kamu ingin menjadi orang yang kreatif. Kamu harus
memupuk sifat . . . .
a. suka
mengkritik orang lain b. rendah diri c.
percaya diri d. tidak menghargai
karya orang lain
14. Orang kreatif memiliki kebebasan diri, artinya . . .
.
a. tidak
suka diatur b. tidak terpaku pada ide yg sudah ada c. bersikap semaunya d. suka menentang
perintah
15. Cara untuk membuktikan mental kreatif kita adalah
dengan . . . .
a.
menyombongkan prestasi b. meniru ide
orang lain c. mempertahankan pendapat
d. menciptakan karya yang orisinal
16. Hasil inovasi harus memiliki nilai sosial, artinya .
. . .
a. tidak merugikan orang lain b. harus mendapat pengakuan orang lain
c. merupakan
ide orang lain yang dikombinasikan d.
diberikan kepada orang lain
17. Orang menjadi kreatif karena . . . .
a. mempunyai
bakat dari lahir b. menunggu
datangnya ilham
c.
ditakdirkan menjadi genius d. belajar dan terus mengembangkan diri
18. Segi mental optimis dalam berkreativitas tercermin
pada sikap . . . .
a. sabar
dalam menghadapi kesulitan b.
selalu antusias ketika mengerjakan sesuatu
c.
menghindari kegagalan d. percaya diri
19. Agar pikiran kita tidak terpaku pada ide-ide yang sudah
ada, kita dapat . . . .
a. menjiplak
ide orang lain b.
belajar memecahkan masalah
c. bermain-main dengan gagasan d. merumuskan tujuan pokok
20. Contoh kegiatan kreatif untuk memanfaatkan marmer dan
batu kapur adalah . . . .
a. diekspor
sebagai bahan mentah b.
diolah menjadi lantai keramik dan alat rumah tangga
c. dijual
langsung menjadi bahan bangunan d. diteliti untuk mengetahui proses pembentukannya
EKONOMI 4
1. Semakin rendah harga suatu barang, maka ... .
a. semakin sedikit barang yang diminta
b. semakin banyak
barang yang diminta (V)
c. semakin banyak
barang yang ditawarkan (?)
d. barang yang diminta dan ditawarkan tetap
2. Berikut ini pernyataan yang menunjukkan perubahan
selera konsumen memengaruhi permintaan adalah ... .
a. pada saat harga gula meningkat, harga teh ikut
meningkat
b. pada saat harga pensil lebih murah dari bolpoin, orang
akan memilih membeli pensil
c. pada saat
pertandingan Piala Euro, banyak orang yang membeli kaos-kaos bergambar negara
idolanya
d. pada saat harga kemeja meningkat, permintaan akan
turun
3. Faktor-faktor yang
tidak memengaruhi penawaran
adalah ... .
a. biaya produksi c. harapan keuntungan b.
teknologi d. daya beli masyarakat
4. Penjual akan menetapkan harga sesuka mereka, namun
apabila harga tersebut jauh diatas harga keseimbangan maka ... .
a. barang yang ditawarkan laku terjual
b. barang yang
ditawarkan tidak laku terjual
c. terjadi kelebihan permintaan
d. terjadi peningkatan permintaan
5. Semakin tinggi harga suatu barang, makin banyak barang
yang akan dijual karena ... .
a. daya beli masyarakat kurang sehingga banyak barang
menumpuk
b. minat beli masyarakat tinggi, sehingga barang
bertambah
c. keinginan
masyarakat untuk memiliki barang cukup tinggi
d. keinginan membeli barang kurang karena persediaan
terbatas
6. Pada musim buah-buahan, harga buah-buahan murah karena
... .
a. persediaan buah-buahan terbatas dan peminat tetap
b. jumlah
buah-buahan banyak dan peminat tetap
c. buah-buahan yang tersedia tetap dan peminat banyak
d. buah-buahan yang tersedia melimpah dan peminat banyak
7. Penawaran akan menurun apabila ... .
a. jumlah barang dan jasa yang dijual lebih sedikit
sebagai akibat penurunan harga
b. jumlah barang dan jasa yang dijual lebih banyak
sebagai akibat kenaikan harga
c. jumlah barang
dan jasa yang dibeli lebih sedikit sebagai akibat kenaikan harga
d. jumlah barang dan jasa yang dijual lebih banyak
sebagai akibat penurunan harga
8. Semakin tinggi harga, semakin
banyak barang atau jasa yang ingin dijual
oleh produsen, ditunjukkan oleh
... .
EKONOMI 5
1. Sejumlah barang yang dibeli pada waktu tertentu dengan
tingkat harga tertentu, merupakan pengertian ... .
a. penawaran(?) c. konsumsi b.
permintaan (V) d. produksi
2. BUMN termasuk dalam kategori pelaku ekonomi
dari sektor ....
3. Sistem
perekonomian di Indonesia dalam kenyataannya adalah :
A. Sistem ekonomi
campuran
B. Sistem Perekonomian Pancasila
C. Sistem Ekonomi
Kerakyatan
D. Sistem Kapitalisme
EKONOMI 6
1. Kebijakan
ekspor yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia pada umumnya ditujukan
untuk ...
a. mendorong peningkatan ekspor, sehingga menambah
pengeluaran devisa negara.
b. mendorong
peningkatan ekspor sehingga meningkatkan penerimaan devisa negara.
c. membatasi ekspor barang ke luar negeri, sehingga
menghemat devisa.
d. membatasi ekspor barang ke luar negeri.
2. Berikut ini yang merupakan bentuk kebijakan tarip dalam rangka menunjang kebijakan impor adalah ...
a. penetapan prosedur impor. c.
penetapan bea masuk barang impor.
b. larangan impor secara mutlak. d. penetapan quota impor.
3. Tugas BPEN (Badan Pengembang Ekspor Nasional)
Indonesia adalah...
a. mengatur pelaksanaan ekspor. c. memberikan subsidi ekspor kepada
eksportir nasional.
b. menetapkan prosedur ekspor. d. memberikan penjelasan tentang
pasar luar negeri kepada eksportir.
4. a. Kebijakan penetapan tarip
rendah biasanya dikenakan pada jenis barang ...................., contohnya:
...................... dan ......................
5. Sedangkan kebijkan penetapan tarif tinggi
biasanya dikenakan pada jenis barang
..............., contohnya: ..................... dan
......................
6. Kebijakan non tarif bisa
diujudkan dalam bentuk ...
a. ....................... b.
............................. c.
........................................................................................................
7. Dampak positif perdagangan
internasional bagi perekonomian Indonesia
antara lain :
a. ........................b.
.............................. c. ........................................................................................................
8. Suatu kebijakan untuk membatasi jumlah barang impor
yang masuk ke dalam negeri disebut ... .
a. larangan impor
b.
kuota impor c.
substitusi impor d.
tarif/bea impor
9. Suatu kebijakan pemerintah untuk menurunkan nilai mata
uang dalam negeri terhadap mata uang asing disebut ... . a. devaluasi b.
revaluasi c. deviasi d. deflasi
10. Suatu kebijakan untuk melakukan penganekaragaman
barang ekspor dengan memperbanyak macam barang disebut ... .
a. subsidi ekspor
b. premi ekspor c. intensifikasi ekspor d.
diversifikasi ekspor
11. Langkah/kebijakan apa saja
yang ditempuh pemerintah untuk melindungi produk dalam negeri?
12. Kebijakan apa saja yang
ditempuh pemerintah untuk mendorong ekspor?
13. Mengapa kebijakan devaluasi
dapat mendorong ekspor? Jelaskan dengan disertai alas an yang tepat!
14. Usaha-usaha pemerintah untuk melindungi hasil
produksi dalam negeri antara lain....
a. mencintai produk dalam negeri c.
mengadakan pembatasan impor
b. membatasi barang ekspor d. menjalin kerja sama
dengan luar negeri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar