SIAP USBN IPS 2017 untuk SMP kita



Kumpulan soal….
SEJARAH
1. Bangunan megalith yang dibangun pada masa bercocok tanam hingga masa perundagian sebagai
penghormatan terhadap roh sekaligus lambing bagi orang yang telah mati disebut . . . .
a. menhir
b. dolmen
c. sarkofagus
d. punden berundak

2. Pemenuhan kebutuhan hidup manusia purba pada masa berburu dilakukan dengan cara . . . .
a. berburu dan menanam umbi-umbian
b. berburu dan bercocok tanam padi-padian
c. mencari ikan di laut dan makanan di pantai
d. mencari dan mengumpulkan makanan di
hutan

3. Apa yang kamu ketahui tentang kyokkenmodinger ? Jelaskan!
    Bukit kerang yang memfosil inilah yang disebut kyokkenmodinger  atau kulit kerang yang menumpuk 
    menggunung sebagai  ’sampah
    dapur’.

4. Mengapa manusia purba menerapkan pola hidup  food gathering and producing? Jelaskan!


SEJARAH2
1. Berikut ini yang tidak termasuk ciri kehidupan manusia purba masa berburu dan mengumpulkan makanan    
     adalah .... a hidup sudah menetap  b food gathering  c hidupnya berpindah-pindah  d hidupnya bergantung  
                                                                                                                                                              pada alam
Trimurti  merupakan tiga dewa utama kepercayaan pemeluk Hindu, terdiri atas Dewa Brahma, Wisnu, dan Syiwa

2. Apa saja bentuk peninggalan kebudayaan Hindu yang masih dapat kita temui saat ini?
3. Mengapa kita harus memelihara peninggalan-peninggalan sejarah?
4. Sebutkan peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia!
5. Dewa dalam ajaran Hindu yang bertugas memelihara alam semesta adalah …
       a. Wisnu c. Syiwa b. Brahma

SEJARAH3
1. Corak kehidupan  food gathering and producing, artinya . . . .
     a. makan dan tidur   b. makan dan mengembara   c. berburu dan meramu   d. berburu dan tidur di gua

2. Secara garis besar, perubahan muka Bumi yang juga menyebabkan kehidupan di Bumi berubah sejak zaman manusia purba hingga saat ini antara lain dipengaruhi oleh tenaga dari dalam Bumi. Bagaimanakah bentuk pengaruh tenaga dari dalam Bumi terhadap kehidupan?

1. Pada masa berburu dan meramu tingkat awal pekerjaan yang cocok bagi perempuan adalah . . . .
       a. berburu hewan  b. meramu makanan (?) c. memasang perangkat(?)  d. berburu dan meramu

2. Perhatikan beberapa tempat di bawah ini!
      1) Sumber air                                                        4) Hutan kecil
      2) Hutan belantara                                              5) Padang pasir
      3) Padang rumput dengan semak belukar      6) Rawa-rawa dengan hutan bakau
       Manakah kawasan yang cocok sebagai tempat berburu dan meramu?
       a. 1), 2), dan 3)           c. 2), 3), dan 5)          b. 1), 3), dan 5)            d. 2), 4), dan 6)





3. Di daerah Prambanan ditemukan peninggalan dari agama Hindu dan Buddha. Apakah yang dapat kamu    
       simpulkan dari fakta tersebut?
      a. Prambanan merupakan pusat agama Hindu-Buddha.(?)
      b. Pramban an berkembang menjadi objek wisata religius.
      c. Prambanan terpengaruh persebaran agama Hindu-Buddha.
      d. Prambanan merupakan bekas kerajaan Hindu dan Buddha.(V)(?)

4. Suatu masyarakat muslim dapat terbentuk dengan mudah melalui saluran islamisasi berupa perkawinan,  
       alasannya adalah . . . .
       a. perkawinan antar pedagang muslim dapat  mempererat persaudaraan
       b. perkawinan antara pedagang muslim dan penduduk pribumi sangat mudah dilakukan
       c. perkawinan akan menghasilkan sebuah keluarga muslim
       d. pedagang muslim banyak yang menikah dengan salah seorang keluarga bangsawan

5. Hoessein Djajadiningrat mengemukakan pendapat bahwa agama Islam yang masuk ke Indonesia dibawa   
     oleh orang Persia. Hal ini didasarkan pada adanya bukti . . . .
     a. kesamaan nisan di Sumatra Utara dan Gresik      b. tradisi perdagangan yang telah berlangsung  lama
     c. adanya aliran Syi’ah di Indonesia                            d. ajaran Islam yang berintikan mazhab Syafi’I  (?)

6. Bukti bahwa Islam telah sampai di Indonesia pada abad VII Masehi didasarkan atas . . . .
     a. ditemukannya nisan dari Desa Leran, Gresik     b. berita dari Dinasti Tang
     c. kenyataannya bahwa di Perlak semua penduduknya beragama Islam 
     d. batu nisan di Trologo pada zaman Majapahit

7. Penduduk di daerah pesisir Nusantara lebih dahulu memeluk agama Islam daripada daerah
    pedalaman karena . . . .
    a. para penguasa di pesisir telah beragama Islam   b. penduduk pedalaman tidak tertarik ajaran Islam
    c. agama Islam disebarkan lewat kegiatan perdagangan 
    d. para mubalig Islam enggan menyebarkan agama ke pedalaman

8. Bagaimana proses islamisasi yang terjadi di Indonesia? Jelaskan pendapatmu!
9. Ada 4 Teori masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia :
    Teori Brahmana , Teori Kesatria, Teori Waisya, Teori Arus Balik

10. Cara dan saluran islamisasi (5) :
    a. Aktivitas perdagangan  
    b. Perkawinan silang  
    c. Pendidikan  
    d. Dakwah
    e. Akulturasi kebudayaan

11. Kehidupan manusia prasejarah yang bercorak  berburu dan meramu biasa disebut dengan . . . .
       a. nomaden    b. sedenter    c. food gathering and hunting    d. food gathering and producing

12. Berikut ini merupakan saluran yang lazim  digunakan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia,  kecuali
       a. perdagangan  b. perkawinan  c. pendidikan  d. peperangan



SEJARAH 4
1.  Organisasi pergerakan pertama yang berdiri sebagai organisasi  bersifat politik adalah…
a. Budi Utomo   b. Indische Partij   c. Sarekat Islam  d. Gerindo

2.  Kelompok Studi Indonesia yang berdiri di Surabaya berubah namanya menjadi ….
a.  Partai Nasional Indonesia   b.  Persatuan Bangsa Indonesia   c. Parindra   d. Gerindo

3.   Di negeri Belanda didirikan organisasi perjuangan oleh para pelajar Indonesia. Organisasi tersebut adalah...
a.   Perhimpunan Bumi Putra
b.   Perhimpunan Indonesia
c.   Perhimpunan Pemuda Indonesia
d.   Perhimpunan pelajar Indonesia


4.   Setelah PNI dibubarkan tahun 1930, Hatta dan Syahrir pendidikan partai politik yang dianggap penjelmaan dari PNI. Partai yang dimaksud bernama ..
a.   Parindra   b.   Gapi   c.   PNI Pendidikan   d.   Gerindo

5.   Garis perjuangan partai politik ada yang radikal dan ada yang moderat. Yang dapat dimasukkan dalam partai moderat adalah …
a.  Partai Nasional Indonesia  b. Sarekat Islam   c. Indische Partij  d. Budi Utomo

6.   Douwes Dekker adalah  seorang keturunan Belanda, tetapi dalam perjuangannya ternyata menjadi pelopor perdirian partai politik pada tahun 1912. Partai yang didirikan bersama Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat adalah …
a. Indische Vereniging  b. Indische Partij   c. Europische Verbond   d. Inlander

7.  Mengapa pemerintah Belanda melaksanakan politik etis pada bangsa Indonesia ?
8.  Jelaskan ciri-ciri pergerakan nasional !
9.  Dan jelaskan mengapa Budi Utomo yang dijadikan tonggak lahirnya kesadaran nasional?
10.  Jelaskan faktor-faktor penyebab munculnya pergerakan nasional di Indonesia !
11.  Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Komite Bumi Putra, dan mengapa organisasi ini menjadi penting dalam kaitannya dengan tumbuhnya kesadaran nasional ?


12.  Pada tanggal 16 Agustus Sukarno dan Muh. Hatta dijemput tokoh pemuda untuk dikembalikan ke Jakarta. Tokoh tersebut adalah…
a. Achmad Subardjo
b. Wikana
c. Darwis
a. Adam Malik

13.Dalam sidang BPUPKI yang ke dua dibahas mengenai rancangan UUD yang menghasilkan  3 hal penting yaitu ...
a.    Penentuan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
b.  Penetapan Haluan Negara
c. Batang Tubuh UUD
d. Lambang Negara

14.   Dalam sidang BPUPKI tanggal 31 Mei 1945 pembahasan diarahkan pada  penyusunan ….
a.  preambule hukum dasar
b.  pemerintahan Indonesia Merdeka
c.  rancangan dasar negara Indonesia Merdeka
d.  tujuan negara Indonesia Merdeka



15.  Menghadapi situasi kritis di tahun 1945 karena gempuran sekutu, maka pemerintah Jepang di Indonesia mengambil langkah simpatik terhadap bangsa Indonesia dengan mendirikan ….
a.  Dokuritsu Zunbi Inkai   b.  Dokuritsu Zunbi Cosakai   c. Jawa Hokokai  d. Dokuritsu Fujinkai

16.  Apakah perbedaan antara BPUPKI dengan PPKI ?

  Yang mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan
Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atat Dokuritsu Junbi Cosakai, pada tanggal 1 Maret
1945 adalah
  Keadaan Jepang semakin kritis. Pada 6 Agustus 1945, kota Hirosima dibom
atom oleh Amerika Serikat. Menghadap situasi ini, Jenderal Terauchi menyetujui
pembentukan Dokuritsu Junbi Inkai atau Panitia Persiaipan Kemerdekaan Indonesia
(PPKI). Persetujuan ini terjadi pada pada tanggal 7 Agustus 1945.  Tugas PPKI adalah
melanjutkan tugas BPUPKI dan untuk mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. 
Ketua PPKI adalah Ir. Soekarno, sedangkan wakilnya Drs. Moh. Hatta.
  Untuk kepentingan peresmian dan pelantikan PPKI, Jendral Terauchi, pimpinan
Angkatan Perang Jepang yang berkedudukan di Saigon,  pada tanggal 9 Agustus 1945
memanggil Soekarno, Moh. Hatta, dan Rajiman Widyodiningrat untuk pergi ke Dalat,
Saigon. Di Dalat, Jendral Terauchi menegaskan bahwa Pemerintah Kemaharajaan
Jepang memutuskan untuk menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

17.  Yang menjadi ketua BPUPKI adalah
a.  Dr. Rajiman Widyodiningrat   b. Ir Sukarno   c. Moh Hatta   d. RP. Suroso

18. BPUPKI beranggotakan
a. 60 orang    b. 40 0rang   c. 30 orang   d. 20 orang

19.  BPUPKI diresmikan pada tanggal
a.  tanggal 28 Mei 1945
b.  tanggal 27 mei 1945
c.  tanggal 26 mei 1945
d.  tanggal 25 mei 1945

20.  Sebagai realisasi pelaksanaan tugas, BPUPKI kemudian mengadakan sidang-sidang. Secara garis besar sidang-sidang BPUPKI itu terbagi menjadi dua kali sidang. Sidang BPUPKI I diadakan pada tanggal . . . .
a.  29 Mei - I Juni 1945
b.  28 Mei – 1 Juni 1945
c.  30 Mei – 1 Juni 1945
d.  27 Mei – 1 Juni 1945.



21.  Sidang pertama BPUPKI membahas tentang . . . .
a.  dasar bagi negara Indonesia merdeka
b.  pembukaan UUD 1945
c.  Batang tubuh UUD 1945
d.  Proklamasi kemerdekaan Indonesia

22.  Yang mengajukan usul nama, lima asas disebut dengan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 adalah . . . .
a. Ir. Soekarno    b. Moh Yamin   c. Mr Supomo    d. Moh Hatta.

23.  jelaskan maksud dan tujuan dibentuknya BPUPKI
24.  Jelaskan hasil sidang II BPUPKI



SEJARAH 5
1. Perhatikan data berikut!
1) Belanda        4) Yunani
2) Swis               5) Norwegia
3) Portugal        6) Monaco
Dari data di atas yang merupakan kelopok negara maju dan termasuk dalam Uni Eropa adalah … .
a. 1, 3, dan 4       b. 1, 3, dan 5      c. 2, 5, dan 6     d. 3, 4, dan 6

 2. Contoh negara maju adalah … .
a. Maroko      b. Brasil    c. Yunani       d. Mesir

3. Negara berkembang berikut yang berada di Benua Amerika adalah … .
a. Nigeria       b. Gana       c. Yaman         d. Bolivia

4. Pelabuhan laut terbesar di Perancis adalah ... .
a. Hamburg              b. Kiel             c. Marseille             d. Liverpool

 5. Negara Perancis termasuk dalam kawasan ... .
a. Eropa Selatan                 b. Eropa Utara                c. Eropa Barat              d. Eropa Timur



6. Sebutkan lima negara Eropa yang termasuk dalam negara maju!
7. Sebutkan lima negara berkembang di Asia Barat Daya! Sebutkan alasan yang menyebabkan negara-negara tersebut dogolongkan sebagai negara berkembang!
8. Tuliskan lima negara berkembang di wilayah persebaran Asia Tengah!
9. Tuliskan pula lima negara berkembang di wilayah persebaran Amerika Tengah!
10. Tunjukkan pada peta, dua negara maju di wilayah persebaran Asia Timur!
11.  Tunjukan pada peta, dua negara maju di wilayah persebaran Belahan Bumi bagian Selatan!






12. Untuk menarik dukungan penduduk setempat ketika posisi pasukan tentara Jepang di Pasifik mulai terdesak, maka Jepang merencanakan memberi kemerdekaan kepada Birma dan Filipina. Keputusan PM. Tojo
ini mendapat protes dari para pemimpin nasionalis di Indonesia. Menanggapi protes tersebut, Jepang kemudian membentuk
a. BPUPKI    b. PPKI    c. Chuo Sangi In    d. Saiko Shikikan








GEOGRAFI

1. Proses sedimentasi di muara sungai menghasilkan bentang alam . . . .
a. jembatan alam
b. delta
c. dome/kubah
d. gumuk pasir

2. Sedimentasi merupakan proses yang terjadi karena tenaga eksogen. Sebutkan proses-proses
alami lain yang terjadi karena tenaga eksogen dan bentang alam yang dihasilkannya!

3. Bagaimanakah proses terjadinya erosi oleh tenaga air?

4. Untuk deteksi kenampakan dataran, pegunungan, dan perbukitan pada peta digunakan . . . .
a. simbol area
b. garis kontur
c. inset
d. skala

GEOGRAFI2
1. Pola permukiman yang terbentuk di kawasan karst yaitu . . . .
    a. memanjang mengikuti sungai       b. memanjang mengikuti jalan
    c. mengelompok pada lembah           d. memanjang mengikuti pola aliran

2. Jelaskan bentuk keterkaitan antara bentang alam dengan mata pencaharian penduduk dan
    berikan contohnya!

3. Tekanan ke atas dari magma, gerak lempeng, dan energi yang terkumpul dapat menekan lapisan kulit bumi   
    sehingga terjadi pergeseran kulit bumi disebut gejala ….
    a. tektonisme c. vulkanisme   b. seisme d. eksogen

4. Gempa yang ditimbulkan akibat tumbukan lempeng-lempeng di litosfer kulit bumi oleh tanaga tektonik  
    disebut ….  a. gempa tektonik   b. gempa vulkanik  c. gempa bumi dalam  d. gempa runtuhan

seismograf : alat pencatat gempa yang menunjukkan kekuatan,  lama, arah, dan
jarak gempa
seismogram : grafik getaran gempa bumi yang direkam oleh seismograf
seismometer  : alat untuk mengetahui kekuatan gempa bumi
skala :   ukuran atau perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya
episentrum : titik pada permukaan bumi yang terletak tegak lurus di atas pusat gempa
yang ada di dalam bumi

5. Berikut ini yang termasuk ciri kehidupan manusia purba masa berburu dan mengumpulkan makanan  
    adalah ....  a. hidup sudah menetap   b. food gathering  c. hidupnya berpindah-pindah  d. hidupnya  
                                                                                                                                                              bergantung pada alam
6. Mengapa peristiwa erosi sering disertai longsor?
7. Bagaimana cara manusia purba memperoleh makanannya?
8. Penggambaran objek di permukaan bumi pada peta ditampilkan dengan . . .
     a. segitiga  b. simbol   c. warna   d. legenda

9. Danau yang terbentuk akibat peristiwa tektonik dan vulkanik disebut danau ….
     a. glasial    c. vulkanik   b. tektonik   d. tektovulkanik (contoh danau Toba)

10. Gempa yang ditimbulkan akibat aktivitas gunung api disebut ….
     a. gempa tektonik   b. gempa vulkanik   c. gempa bumi dalam   d. gempa runtuhan

11. Pemukiman yang terbentuk di daerah pantai, karena penduduknya bermata pencaharian nelayan adalah :
      a. memusat    c. linier    b. menyebar    d. bersatu

GEOGRAFI 3
1. Pada suatu peta penggunaan lahan untuk menggambarkan suatu penggunaan lahan sawah dengan tingkat          
     produksi yang berbeda-beda dapat digunakan simbol . . . .
     a. bidang     b. titik dan simbol garis    c. area dan gradasi warna   d. bidang dan simbol garis

2. Deskripsikan kehidupan penduduk di wilayah pesisir!
3. Jelaskan bentuk keterkaitan antara bentang alam dengan mata pencaharian penduduk dan berikan  
     contohnya!
4. Pola permukiman daerah pegunungan kapur berpencar pada lembah-lembah. Pola ini terbentuk karena . . . .
     a. sumber daya air cukup melimpah pada daerah lembah  b. tanah pada lembah pada umumnya subur
     c. daerah lembah bebas dari bencana alam                             d. daerah lembah cepat berkembang

5. Faktor non fisik yang sangat mempengaruhi munculnya kampung nelayan di pinggir pantai adalah . . . .
     a. daerah pantai aman digunakan untuk permukiman
     b. jarak yang dekat dengan sumber mata pencaharian
     c. lebih menyenangkan tinggal bersama rekan yang mempunyai mata pencaharian sama
     d. daerah pantai dapat menjadi tempat wisata
6. Mengapa daerah pegunungan kapur mempunyai pola permukiman berpencar? Jelaskan dengan gambar!
7. Bagaimana keterkaitan antara bentang alam dengan mata pencaharian penduduk? Jelaskan dan berilah
     contoh!
8. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor fisik yang mempengaruhi pola permukiman!


GEOGRAFI 4
1. Berikut ini adalah berbagai kegiatan sosial ekonomi yang dilakukan
masyarakat yang tinggal di daerah pantai, kecuali ... .
a. pembuatan tambak-tambak garam
b. pertanian pasang surut
c. pengembangan sektor pariwisata
d. pertanian ladang

2. Transmigrasi dilakukan untuk tujuan-tujuan berikut, kecuali  ... .
a. menyeragamkan akar budaya daerah tertentu
b. meningkatkan kesejahteraan penduduk
c. meratakan jumlah penduduk
d. memperkukuh ketahanan nasional

3. Berikut ini yang bukan  termasuk dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan
dari jumlah penduduk yang besar adalah ... .
a. meningkatnya angka kriminalitas
b. meningkatnya kebutuhan akan berbagai fasilitas sosial
c. semakin sempitnya lapangan kerja
d. meningkatnya pendapatan negara dari sektor pajak

4. Upaya-upaya pemerintah berikut ini yang paling tepat untuk mengatasi
masalah persebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia adalah ... .
a. mencanangkan program KB
b. meningkatkan pelayanan kesehatan
c. melaksanakan program transmigrasi
d. menggalakkan program wajar 9 tahun

GEOGRAFI 5
1. 1. Plaju dan Bukitasam 3. Dumai dan Pangkalanbrandan 2. Dumai dan Sawahlunto 4. Tarakan dan Wonokromo
Kota-kota di atas yang merupakan pusat pertambangan minyak dan gas ditunjukkan dengan nomor ... .
a. 1     b. 2      c. 3     d. 4

2. Berikut adalah berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya mengatasi masalah jumlah penduduk, kecuali ... .
a. mencanangkan program KB
b. menetapkan batas usia nikah yang diatur dalam undang-undang
c. membatasi tunjangan anak bagi PNS/ABRI
d. membangun berbagai sarana kesehatan

3. Pelaksanaan transmigrasi yang diharapkan pemerintah karena menggunakan biaya sendiri oleh para transmigran adalah ... .
a. transmigrasi umum                  c. transmigrasi spontan
b. transmigrasi sektoral               d. transmigrasi bedol desa

4. Sebutkan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi dampak ledakan penduduk di bidang kependudukan dan ketenagakerjaan!



5. Mengapa kepadatan penduduk Indonesia dikatakan tidak seimbang? Jelaskan menurut pendapat kalian!
6. Jelaskan peran pranata keluarga dalam upaya pengendalian sosial!
7. Sebutkan dampak positif dan dampak negatif transmigrasi!
8.  Keragaman bentuk muka bumi, didaratan ternyata  mempunyai hubungan yang erat dengan aktivitas manusianya, hal ini terbukti dengan:
a.  Wilayah dataran tinggi, kegiatan ekonomi penduduk berupa pertanian sawah
b.  Wilayah pegunungan, kegiatan ekonomi penduduk berupa perkebunan tebu
c.  Wilayah dataran rendah, kegiatan ekonomi  penduduk berupa perikanan laut
d.  Wilayah pantai kegiatan ekonomi penduduk, tidak selalu berupa perikanan laut

9. Pada objek yang digambar pada peta umum, warna hijau berarti  ….
a.  laut dalam     b.  laut dangkal    c.  dataran rendah    d.  gunung tinggi

10. Pernyataan yang paling benar di bawah ini adalah ….
a. Merah memanjang menggambarkan jalan raya
b. Hitam putih memanjang menggambarkan jalan kereta api
c. Merah dengan bentuk persegi panjang menggambarkan kota propinsi
d. Hitam dengan bentuk lingkaran menggambarkan kota

 11.  Tingkat kebiruan   pada peta umum menunjukkan ….
a.  ketinggian daratan   b.  kerapatan hutan   c. kedalaman perairan   d.  kerapatan penduduk

12. Tingkat  kecoklatan pada peta umum menunjukkan ….
a.  ketinggian daratan   b.  kerapatan hutan   c. kedalaman perairan   d.  kerapatan penduduk

13. Gambar jangkar dalam peta umum menunjukkan simbol ....
a. bandar udara   b. pelabuhan   c. Stasiun   d. Terminal

14. Sebutkan perbedaan kegiatan ekonomi antara penduduk di dataran rendah denganpegunungan!
15. Bentuk muka bumi sangat berpengaruh kepada kehidupan di atasnya? Benarkah demikian? Berikanlah alasan yang tepat!.






SOSIOLOGI
1. Terjadinya interaksi sosial dalam masyarakat diperlukan adanya . . . .
a. status dan peran sosial
b. komunikasi dan kontak sosial
c. nilai dan norma sosial
d. dinamika dan statika social

2. Jelaskan proses terjadinya interaksi sosial!













SOSIOLOGI 2
1. Interaksi yang terjadi antara orang tua dan anak yang paling baik diadakan . . . .
a. setiap pagi saat sarapan
b. pada siang hari sepulang anak sekolah
c. waktu sore hari sehabis makan dan menjelang belajar
d. setiap saat jika kedua belah pihak bias bertemu

2.Penampilan dua orang penyanyi di hadapan peserta pelatihan pada gambar di atas bias disebut sebagai contoh interaksi sosial antara . . . .
a. individu dengan individu
b. individu dengan kelompok
c. kelompok dengan kelompok
d. kelompok dengan pribadi

3.Kegiatan yang dilakukan oleh kedua orang di atas dikategorikan sebagai interaksi sosial karena . . . .
a. terjadi aksi timbal balik di antara kedua pemain silat tersebut
b. seni pencak silat perlu dipelajari sebagai benteng diri
c. mereka bisa menjadi atlet pencak silat tingkat nasional
d. keduanya memanfaatkan waktu muda dengan baik

4.Aktivitas pada gambar di atas bisa dikatakan
sebagai contoh interaksi sosial yaitu antara . . . .
5.Aktivitas para pelajar yang menjadi patrol keamanan sekolah (PKS) di atas tidak bias dikatakan sebagai contoh interaksi sosial karena . . . .
a. mereka belum cukup usia untuk menjadi polisi
b. di antara mereka tidak terjalin komunikasi
c. aktivitas mereka mengganggu belajar
d. mereka bukan bagian dari masyarakat

6.Gambar di atas bisa dikatakan contoh interaksi sosial karena . . . .
a. polisi adalah aparat keamanan yang harus dipatuhi
b. terjadi pelanggaran lalu lintas akibat kesalahan pengemudi truk
c. terjadi hubungan timbal balik antara polisi dan pengendara motor
d. polisi adalah makhluk sosial yang men-duduki posisi penting dalam masyarakat

7.Disorganisasi yang menimpa sebuah keluarga bisa berdampak . . . .
a. anak memperoleh kecerdasan sosial
b. terjadinya penyimpangan sosial
c. ketenangan akan muncul dalam keluarga
d. anak-anak akan memperoleh kebahagiaan batin

8. Apabila dalam keluarga terjadi masalah, cara terbaik yang harus ditempuh dengan . . . .
a. menyerahkan urusan kepada bapak selaku kepala rumah tangga
b. ikut pendapat ibu sebagai pengelola rumah tangga
c. didiskusikan bersama di antara anggota keluarga
d. buru-buru mengundang tetangga terdekat

9. Komunikasi yang dijalankan orang tua kepada anak akan efektif apabila . . . .
a. orang tua menyampaikan pesan secara searah
b. anak dibiarkan pasif mendengarkan nasihat
c. orang tua memerhatikan kematangan anak
d. anak tidak diperkenankan menyela pembicaraan

10. Jelaskan peranan orang tua dalam pembentukan karakter dan kepribadian bagi anak!

11. Bentuk-bentuk perilaku penyimpangan seperti perjudian, prostitusi,pencurian,  mabuk-mabukan dan sebagainya, dilihat dari sudut penerimaanmasyarakat, dikelompokkan dalam pranata sosial yang disebut ... .
a. approved institutions                c. basic institutions
b. unsanctioned institutions        d. subsidiary institutions




SOSIOLOGI 3
1.   Berikut ini yang bukan merupakan penyebab penyimpangan sosial adalah ...
a.   brocken home.                            c.   pelampiasan kekecewaan.
b.   persalahann ekonomi.               d.   kesanggupan menerima norma-norma sosial.

2.   Upaya pencegahan penyimpangan sosial perlu melibatkan peran ...
a.   keluarga, masyarakat, dan pengusaha.        c.   keluarga, sekolah, dan pejabat pemerintah.
b.   keluarga, masyarakat, dan sekolah.              d.   sekolah, masyarakat, dan pejabat pemerintah.

3.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan penyakit sosial ?
4.  Sebutkan ciri-ciri bentuk penyimpangan positif !
5.  Jelaskan peran keluarga dalam mencegah penyimpangan sosial oleh anggota 
keluarganya! 
6.  Berilah 4 contoh penyimpangan sosial
7.  Jelaskan peranan pemerintah dalam mencegah penyimpangan sosial ?
8.  Interaksi sosial adalah suatu proses dimana terjadi kontak sosial saling mempengaruhi.
Yang paling penting dalam interaksi sosial itu adalah…
a. Saling tergantung    b. Saling mengalah   c.  Bersifat timbal balik   d.  Berkaitan dengan untung / rugi

9. Perubahan sosial terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Yang bukan merupakan penyebab terjadinya perubahan itu adalah…
a. Kontak dengan kebudayaan lain         c. Sikap menghargai hasil karya orang lain
b. Sistem pendidikan yang maju              d. Kemampuan ekonomi masyarakat

10. Yang bukan merupakan faktor penghambat terjadinya perubahan sosial adalah …
a. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
b. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lamban
c. Sikap masyarakat yang masih sangat tradisional
d. Pekerjaan masyarakat

11. Ungkapkan apa yang kamu ketahui tentang perubahan soial budaya
12. Ceritakan sebuah gejala perubahan sosial budaya yang terjadi di sekitarmu. Apa kira-kira faktor penyebabnya? Apa saja faktor penunjangnya ?
13. Toleransi terhadap tindakan atau perbuatan yang “tidak umum” dan dinilai menyimpang oleh masyarakat, merupakan salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial. Setujukah kamu terhadap ungkapan tersebut ? Berikan alasan-alasannya.
14. Prasangka negatif terhadap hal-hal baru atau asing atau sikap tertutup (eksklusif) disebut-sebut dapat menjadi faktor penghambat terjadinya perubahan sosial. Berikan contoh-contoh nyata dalam masyarakat  yang menunjukkan prasangka negatif terhadap hal-hal yang baru.










EKONOMI
1. Prinsip ekonomi produsen dilakukan dengan . . . .
a. menguasai pasar
b. menggaji karyawan serendah mungkin
c. mengurangi bahan baku
d. meningkatkan produktivitas

2. Agar Boby dapat memenuhi kebutuhannya berdasarkan prinsip ekonomi, ketika membeli,
ia harus mengetahui dua hal penting yaitu . . . .
a. harga dan produsen barang
b. jumlah dan harga barang
c. prioritas kebutuhan dan dana yang dimiliki
d. citra produk dan harganya

3. Manakah tindakan Ibu Darti berikut ini yang sesuai dengan prinsip ekonomi?
a. Mengantre beras.
b. Bekerja serabutan.
c. Meminta-minta bantuan tetangga.
d. Menanam singkong dan kangkung untuk sayur.

4. Contoh penerapan prinsip ekonomi dalam kehidupan siswa adalah . . . .
a. mencatat di sobekan kertas
b. memperbanyak koleksi pensil
c. meminjam buku pelajaran teman
d. menabung untuk membeli buku pelajaran

5. Manusia melakukan berbagai kegiatan ekonomi dengan alasan-alasan berbeda. Alasan yang
mendorong manusia melakukan kegiatan ekonomi disebut . . . .
a. motif sosial
b. prinsip makhluk rasional
c. motif ekonomi
d. prinsip ekonomi

6. Motif tindakan ekonomi yang dilakukan  adalah motif . . . .
a. sosial
b. mencari kekuasaan
c. mencari keuntungan
d. memperoleh penghargaan

7. Suatu tindakan dikatakan berdasarkan motif sosial apabila bertujuan untuk . . . .
a. membantu sesama
b. mencapai keuntungan
c. menekan biaya serendah-rendahnya
d. memperoleh teknik usaha yang efisien

8. Jelaskan tentang motif ekonomi distributor!


EKONOMI 2
1. Apa pula arti manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral?
2. Pernyataan yang benar adalah   ....
    a. prinsip ekonomi dapat diterapkan pada kegiatan non ekonomi
    b. prinsip ekonomi tidak dapat diterapkan oleh orang miskin
    c. prinsip ekonomi hanya bisa diterapkan dalam bidang ekonomi
    d. prinsip ekonomi hanya bisa dipraktikkan oleh pengusaha besar

distribusi : kegiatan manusia yang bertujuan untuk menyalurkan barang atau jasa hasil
produksi dari produsen ke berbagai tempat agar dapat dikonsumsi oleh konsumen


EKONOMI 3
1. Contoh bentuk keseimbangan antara peran makhluk ekonomi dan makhluk sosial yang
     bermoral adalah . . .
     a. Pak Karto merelakan sebagian tanahnya dijadikan jalan tanpa ganti rugi.
     b. Pak Nurdin memberi banyak sumbangan meskipun utangnya sangat besar.
     c. Pak Hasan mendahulukan kepentingan masyarakat sekitar pabrik daripada
         karyawannya.

2. Seorang pengusaha bertindak atas prinsip ekonomi dan harus tetap berperan sebagai . . . .
     a. makhluk egois   b. makhluk social   c. pemuka masyarakat    d. pengambil keputusan ekonomi


3. Manakah di antara pernyataan berikut yang benar?
     a. Orang kaya tidak perlu menerapkan prinsip ekonomi.
     b. Prinsip ekonomi hanya bisa diterapkan di bidang ekonomi.
     c. Motif ekonomi tidak memengaruhi tindakan ekonomi.
     d. Motif utama tindakan konsumsi adalah memperoleh kepuasan.

4. Prinsip ekonomi muncul karena . . . .
     a. orang malas berusaha    b. kemampuan terbatas, kebutuhan tidak terbatas
     c. orang ingin cepat kaya   d. didorong oleh motif ekonomi

5. Bu Nela adalah seorang pengusaha kosmetik. Produk kecantikannya diperoleh dari tanaman
     asli Indonesia. Oleh karena itu, Bu Nela membuka perusahaan baru yang bergerak di bidang
     perkebunan yang menanam bahan baku produk kosmetiknya. Motif Bu Nela termasuk motif . . . .
     a. sosial  b. mencari penghargaan   c. memperluas kekuasaan  d. mencari laba

6. Berikut ini daftar kebutuhan Dewi:
    1) Buku tulis Rp10.000,00
    2) Agenda Rp  3.000,00
    3) Cokelat Rp  2.500,00
    4) Tugas  kerajinan Rp  5.000,00
    Jumlah uang yang dimiliki Dewi Rp15.000,00. Rencana pembelian yang baik adalah . . . .
    a. tugas kerajinan, buku tulis, agenda, dan cokelat
    b. buku tulis, agenda, cokelat, dan tugas kerajinan
    c. buku tulis, agenda, tugas kerajinan, dan cokelat
    d. agenda, cokelat, tugas kerajinan, dan buku tulis

7. Jelaskan prinsip ekonomi produsen! Apa kaitannya dengan efisiensi?
8. Prinsip ekonomi produsen dan konsumen sering bertolak belakang. Jelaskan!
9. Apakah manfaat penyusunan skala prioritas kebutuhan?
10. Bagaimana dampaknya jika konsumen tidak menerapkan prinsip ekonomi?
11. Kegiatan pembagian sembako yang dilakukan Yayasan Amal Sahabat memiliki motif . . . .
      a. mencari keuntungan  b. social  c. mencari kekuasaan ekonomi  d. agar statusnya naik di mata masyarakat



12. Jika lokasi produksi tidak strategis maka produsen akan memboroskan biaya . . . .
      a. iklan      c. angkut   b. sewa      d. bahan baku

13. Kamu ingin menjadi orang yang kreatif. Kamu harus memupuk sifat . . . .
       a. suka mengkritik orang lain  b. rendah diri   c. percaya diri  d. tidak menghargai karya orang lain

14. Orang kreatif memiliki kebebasan diri, artinya . . . .
       a. tidak suka diatur  b. tidak terpaku pada ide yg sudah ada   c. bersikap semaunya  d. suka menentang        
                                                                                                                                                                 perintah
15. Cara untuk membuktikan mental kreatif kita adalah dengan . . . .
       a. menyombongkan prestasi      b. meniru ide orang lain  c. mempertahankan pendapat 
       d. menciptakan karya yang orisinal

16. Hasil inovasi harus memiliki nilai sosial, artinya . . . .
       a. tidak merugikan orang lain   b. harus mendapat pengakuan orang lain
       c. merupakan ide orang lain yang dikombinasikan    d. diberikan kepada orang lain


17. Orang menjadi kreatif karena . . . .
       a. mempunyai bakat dari lahir     b. menunggu datangnya ilham
       c. ditakdirkan menjadi genius      d. belajar dan terus mengembangkan diri

18. Segi mental optimis dalam berkreativitas tercermin pada sikap . . . .
       a. sabar dalam menghadapi kesulitan            b. selalu antusias ketika mengerjakan sesuatu
       c. menghindari kegagalan                                 d. percaya diri

19. Agar pikiran kita tidak terpaku pada ide-ide yang sudah ada, kita dapat . . . .
       a. menjiplak ide orang lain                  b. belajar memecahkan masalah
       c. bermain-main dengan gagasan      d. merumuskan tujuan pokok

20. Contoh kegiatan kreatif untuk memanfaatkan marmer dan batu kapur adalah . . . .
       a. diekspor sebagai bahan mentah      b. diolah menjadi lantai keramik dan alat rumah tangga
       c. dijual langsung menjadi bahan bangunan         d. diteliti untuk mengetahui proses pembentukannya






EKONOMI 4
1. Semakin rendah harga suatu barang, maka ... .
a. semakin sedikit barang yang diminta
b. semakin banyak barang yang diminta (V)
c. semakin banyak barang yang ditawarkan (?)
d. barang yang diminta dan ditawarkan tetap

2. Berikut ini pernyataan yang menunjukkan perubahan selera konsumen memengaruhi permintaan adalah ... .
a. pada saat harga gula meningkat, harga teh ikut meningkat
b. pada saat harga pensil lebih murah dari bolpoin, orang akan memilih membeli pensil
c. pada saat pertandingan Piala Euro, banyak orang yang membeli kaos-kaos bergambar negara idolanya
d. pada saat harga kemeja meningkat, permintaan akan turun

3. Faktor-faktor yang  tidak  memengaruhi penawaran adalah ... .
a. biaya produksi      c. harapan keuntungan  b. teknologi     d. daya beli masyarakat

4. Penjual akan menetapkan harga sesuka mereka, namun apabila harga tersebut jauh diatas harga keseimbangan maka ... .
a. barang yang ditawarkan laku terjual
b. barang yang ditawarkan tidak laku terjual
c. terjadi kelebihan permintaan
d. terjadi peningkatan permintaan

5. Semakin tinggi harga suatu barang, makin banyak barang yang akan dijual karena ... .
a. daya beli masyarakat kurang sehingga banyak barang menumpuk
b. minat beli masyarakat tinggi, sehingga barang bertambah
c. keinginan masyarakat untuk memiliki barang cukup tinggi
d. keinginan membeli barang kurang karena persediaan terbatas

6. Pada musim buah-buahan, harga buah-buahan murah karena ... .
a. persediaan buah-buahan terbatas dan peminat tetap
b. jumlah buah-buahan banyak dan peminat tetap
c. buah-buahan yang tersedia tetap dan peminat banyak
d. buah-buahan yang tersedia melimpah dan peminat banyak

7. Penawaran akan menurun apabila ... .
a. jumlah barang dan jasa yang dijual lebih sedikit sebagai akibat penurunan harga
b. jumlah barang dan jasa yang dijual lebih banyak sebagai akibat kenaikan harga
c. jumlah barang dan jasa yang dibeli lebih sedikit sebagai akibat kenaikan harga
d. jumlah barang dan jasa yang dijual lebih banyak sebagai akibat penurunan harga

8. Semakin tinggi harga, semakin banyak barang atau jasa yang ingin dijual
oleh produsen, ditunjukkan oleh ... .






EKONOMI 5
1. Sejumlah barang yang dibeli pada waktu tertentu dengan tingkat harga tertentu, merupakan pengertian ... .
a. penawaran(?)                       c. konsumsi       b. permintaan (V)          d. produksi

2.  BUMN termasuk dalam kategori pelaku ekonomi dari sektor ....

3.  Sistem perekonomian di Indonesia dalam kenyataannya adalah :
A.  Sistem ekonomi campuran
B.  Sistem Perekonomian Pancasila
C.  Sistem Ekonomi Kerakyatan
D. Sistem Kapitalisme



EKONOMI 6
1. Kebijakan ekspor yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia pada umumnya ditujukan untuk ...
a. mendorong peningkatan ekspor, sehingga menambah pengeluaran devisa  negara.
b. mendorong peningkatan ekspor sehingga meningkatkan penerimaan devisa  negara.
c. membatasi ekspor barang ke luar negeri, sehingga menghemat devisa.
d. membatasi ekspor barang ke luar negeri.

2. Berikut ini yang merupakan bentuk kebijakan tarip dalam rangka menunjang kebijakan impor adalah ...
a. penetapan prosedur impor.                   c. penetapan bea masuk barang impor.
b. larangan impor secara mutlak.             d. penetapan quota impor.

3. Tugas BPEN (Badan Pengembang Ekspor Nasional) Indonesia adalah...
a. mengatur pelaksanaan ekspor.           c. memberikan subsidi ekspor kepada eksportir nasional.
b. menetapkan prosedur ekspor.            d. memberikan penjelasan tentang pasar luar negeri kepada eksportir.
4. a. Kebijakan penetapan tarip rendah biasanya dikenakan pada jenis barang ...................., contohnya: ...................... dan ......................
5.  Sedangkan kebijkan penetapan tarif tinggi biasanya dikenakan pada jenis barang   ..............., contohnya: ..................... dan ......................







6. Kebijakan non tarif bisa diujudkan dalam bentuk ...
a. ....................... b. ............................. c. ........................................................................................................
7. Dampak positif perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia  antara lain :
a. ........................b. .............................. c. ........................................................................................................
8. Suatu kebijakan untuk membatasi jumlah barang impor yang masuk ke dalam negeri disebut ... .
a. larangan impor         b. kuota impor                c. substitusi impor               d. tarif/bea  impor

9. Suatu kebijakan pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing disebut ... . a. devaluasi            b. revaluasi          c. deviasi            d. deflasi

10. Suatu kebijakan untuk melakukan penganekaragaman barang ekspor dengan memperbanyak macam barang disebut ... .
a. subsidi ekspor      b. premi ekspor      c. intensifikasi ekspor    d. diversifikasi ekspor
11. Langkah/kebijakan apa saja yang ditempuh pemerintah untuk melindungi produk dalam  negeri?
12. Kebijakan apa saja yang ditempuh pemerintah untuk mendorong ekspor?
13. Mengapa kebijakan devaluasi dapat mendorong ekspor? Jelaskan dengan disertai alas an yang tepat!
14. Usaha-usaha pemerintah untuk melindungi hasil produksi dalam negeri antara lain....
a. mencintai produk dalam negeri            c. mengadakan pembatasan impor
b. membatasi barang ekspor                     d. menjalin kerja sama dengan luar negeri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar